Proposal Bantuan Dana Pembinaan Kelompok Usaha

BAB I
PENDAHULUAN
       A.    Latar Belakang.
Dengan melihat kenyataan sekarang bahwa taraf hidup masyarakat pedesaan di wilayah Kecamatan Buyasurui Lembata Propinsi Nusa Tenggara Timur, dari waktu ke waktu belum mengalami perubahan yang berarti sehingga terkesan masih tertinggal jauh bila dibandingkan dengan masyarakat Desa lain yang ada di kota dan perkotaan
Kenyataan ini sangat disadari oleh masyarakat Kedang yang terdiri dari dua Kecamatan yaitu Kecamatan Buyasuri dan Omesuri.
Dan kenyataan ini jika diperhatikan mulai sekarang, maka mungkin akan terus berjalan, dan sampai kapan baru bisa diatasai manakala masyarakat sendiri tidak mau berjuang dan melakukan gerakan mencari terobosan menuju sebuah perubahan.
Dengan demikian maka kami masyrakat Desa Leuwohung Kecamatan Buyasuri mencoba melakukan terobosan dengan membuka usaha ternak unggas (Ayam) sekaligus bisa menjadi contoh bagi masyarakat Kedang lain yang berada di dua wilayah kecamatan ini
      B.    Dasar.
Atas petunjuk dan arahan dari Bapak Direktur Utama “ SAHLAN SENTER” dalam rangka upaya perbaikan ekonomi rakyat melalui usaha  mikro untuk meningkatkan kesejahteraan hidup Rumah tangga, Keluarga dan Masyarakatmenjadi lebih baik dari waktu ke waktu.
Petunjuk dan arahan itu telah membangkitkan semangat dan menyemangati kami untuk melakukan terobosan dan mulai membuka usaha ternak unggas (Ayam) dengan memakai sistem kelompok.
Dengan demikian maka kami masyarakat di Desa Leuwohung telah membentuk kelompok usaha ternak unggas (Ayam) sebagai langkah awal upaya perbaikan ekonomi masyarakat Desa ini.


BAB II
BENTUK USAHA, JENIS USAHA DAN MODAL USAHA
       A.    Bentuk Usaha.
Mengacu pada apa yang telah digambarkan pada Bab Pendahuluan diatas maka kami merencana untuk melakukan sebuah usaha baru dengan pola binaan dalam bentuk kelompok.
      B.     Jenis Usaha.
Adapun jenis usaha yang kami lakukan dan kembangkan adalah berternak unggas (Ayam).
      C.    Modal Dan Persiapan.
a.      Modal.
Untuk mewujudakan keinginan dalam sebuah usaha perbaikan ekonomi memerlukan modal yang cukup, sebab keinginan tanpa didukung dengan modal untuk maka kenginanan itu menjadi mimpi belaka.
Kemauan dan semangat, dan yang belum adalah dana untuk mengadakan bibit unggas (Ayam). Adapun rincian modal untuk mengadakan bibit unggas yang di maksud sebagai berikut (terlampir).
b.      Persiapan
Persiapan pertama yang sudah kami lakukan untuk usaha kami rencana adalah berupa kandang pemeliharaan sekaligus pembibitan, yakni tiap-tiap anggota kelompok sudah membangun kandang dengan ukuran :..........m x m..........sebanyak 10 kandang.


BAB III
NAMA DAN TEMPAT
       A.    Nama.
Mengingat usaha ini dalam kelompok dengan pola binaan, sehingga untuk mempermudah koordinasi dan pengawasan maka kami kelompok usaha ternak unggas (Ayam) yang dibentuk kami beri nama : “ kelompok petrnak unggas “ LEUWOHUNG BARU II ”.
      B.    Tempat.
Kelompok usaha ternak unggas (Ayam) yang bernama kelompok peternak unggas Leuwohung II ini bertempat di Desa Leuwohung Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata.

BAB IV
PENUTUP
      A.    Harapan
Walaupun kemauan dan semangat ada pada diri kami, namun tidak didukung dengan sarana dan prasarana berupa biaya dan lain-lain sebagaimana kami gambarkan pada Bab I dan Bab II diatas, maka semangat dan kemauan hanya sekedar mimpi belaka.
Olehnya itu semangat dan kemauaan kami yang dilandasi oleh pemikiran konstrutif dari petunjuk serta arahan yang telah Bapak sampaikan kepada kamipada saat berkunjung dan bersilahturrahin bersama masyarakat kedang dan bertempat di Desa Leuwohung beberapa waktu yang lalu, maka lewat Proposal yang kami ajukan ini kiranya mendapat respon positif dari bapak, dan memberikan bantuan serta dukungan bagi kami berupa modal untuk pengadaan bibit unggas (Ayam) agar kami mewujudkan keinginan dalam rangka upaya perbaikan ekonomi keluarga.
      B.    Saran.
Mengingat usaha yang kami kerjakan ini dalam bentuk kelompok dengan pola binaan, maka kami sangat berharap bahwa sekiranya setelah Bapak memberikan bantuan kepada kami, selanjutnya bapak meluangkan waktu untuk datang memberikan bimbingan dan arahan sehingga perjalanan usaha ini tidak mengalami kendala atau kesulitan ataupun lainnya.
Akhirnya semoga Allah Merahmati dan membuka jalan mengalirnya rizki bagi bapak dan bagi kita semua. Amiin ya Rabbal’alamiin.

            Leuwohung ..............................2011

Ketua Kelompok                                         Sekretaris Kelompok


     .........................................                                   .........................................

Mengetahui :
Kepal Desa.......................


Rauf Ledu